indah-dewi-pertiwi-hipnotis-blogger-dengan-ipad

Reviews Video Klip : Hipnotis @IDP_Keci (Indah Dewi Pertiwi)

By : Imam Cholissodin (@imamkomc/Al-Imam)

Mahasiswa s2 Teknik Informatika ITS 2009 Surabaya, yang sedang menyelesaikan tesis

di Lab. Vision and Image Processing (VIP Lab)

Sebelumnya mohon maaf, jika ada kata-kata yang tidak berkenan dalam reviews video klip ini to ALL n especially to mbak Indah Dewi Pertiwi. Semoga langkah mbak IDP_Keci ini  menjadi moment awal untuk memajukan music negeri lewat dunia blogging.

My fav song from IDP_Keci : Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa (I Like it), Lirik lagu ini sesuai dengan perasaan hatiku yang ditinggal married seseorang gadis yang Gw cintai waktu itu. Hmm..

Segala upaya untuk review telah saya lakukan, walaupun hanya dengan modal kesukaan dengerin music dan kebiasaan baca berita dari detik.com hamper setiap hari dan setiap waktu dan hobby blogging (punya >1 satu blog) dan coding programming (pe-hape, java kromo alus, cece-cece++ dkk). Akhirnya saya memutuskan untuk ikut ‘Hipnotis Blogging Contest’. Mungkin saya agak sedikit meMODE-ONkan cara pengamatan, kesok-tauan untuk menggali informasi sebayak-banyaknya dari video klip ini. Walaupun music bukan bidang saya sebagai mahasiswa informatika, tapi mahasiswa juga manusia yang 100% semuanya pasti pernah dengerin musik. Haha..  GJ mode ON.

Prisip saya : “Fokus pada satu bidang keahlian, dan menerapkannya pada segala bidang”

OK Mbak IDP_Keci, langsung saya mulai saja reviewnya;

Ketika melihat video klip ini, rasanya seperti di-hipnotis oleh mbak IDP_Keci. #Halah#

Bagian awal video ini, seperti mengarungi/ menjelajahi dunia lain dengan panorama alam yang natural, full teknologi dan berasa robotika banget. Musiknya berwarna warni, terlihat dari nada yang diucapkan dan jenis tarian yang digerakkan

Sayangnya, temanya kurang focus, apa hubungan antara hipnotis dengan alam ato teknologi robotika, quantum (teori relativitas E=mc^2, terkait adanya perpindahan suatu benda/materi ke tempat yang berbeda dalam waktu kurang dari 1 detik).

Kenapa tidak focus ke tema hipnotis yang tektual saja atau yang seharusnya, mungkin tentang seseorang yang sedang jatuh cinta, kemudian dia serasa dihipotis oleh cintanya. Ini mungkin bisa dijadikan video klip hipnotis versi III. InsyaAllah saya siap jadi bintang video klipnya. Hehe..

Ketika saya mencermati video ini, hamper -+ ratusan kali saya play (repeat on)  diwaktu yang berbeda, disela-sela ngerjakan tugas akhir kuliah. Hehe..

Untuk mengamati video klipnya, saya coba dari perpektif yang berbeda. Pertama, melihat video + audionya. Kedua, melihat video tanpa mendengarkan musiknya. Ketiga, mendengarkan audionya saja tanpa melihat videonya.  Sehingga membuahkan review yang mungkin agak aneh dan susah dipahami. Berikut saran dan evaluasi dari saya :

Saran : Perlu adanya normalisasi konsep lagu (lirik dan isinya), video dan suara/audio (saat lagu dinyanyikan).  Sehingga video klip terlihat utuh, kompak dan seragam.  Meminjam istilah normalisasi data dari ilmu statistik, agar data tersebut mudah dianalisa dan diolah. Analog dengan video klip yang mudah dicerna, menarik dan enak untuk mendengar dan melihatnya.

2 point yang perlu disingkronisasi :

  1. Ketika video perpindahan tempat di arena pertempuran & terdengar tembakan (terlihat kaku dan sedikit memaksa & GJ).
  2. Potongan/ embed music R&B/ Rap terlihat tidak sesuai dengan awal dan akhir video klip.

Evaluasi :

Segala efek visualisasi dan audio sudah bagus, Cuma urutannya kurang pas/ terlihat step-stepnya sering lompat.

Kelebihan :

Ø  Suara IDP_Keci OK banget, I Like it

Ø  Keatifitas video+audionya OK banget, I Like It

Kekurangan :

Ø  Isi lirik (makna lagu) kurang sesuai dengan videonya (kurang match)

Ø  Tokoh “kamu” tidak terlihat sama sekali dalam video klip, siapa tokoh ini?

Ø  Beberapa timeline/ jeda lagu terlihat/terdengar sering overtime (lama)

Main Blog            : www.imamkomc.wordpress.com

fb                            : http://www.facebook.com/profile.php?id=1374195226

tweet                    : http://twitter.com/#!/imamkomc

Sekunder Blog   : http://linuxlamongan.wordpress.com

http://gameillusion.wordpress.com

http://puisisahabat.wordpress.com

http://macansalju.blogspot.com

Iklan

10 Tanggapan so far »

  1. 3

    depz said,

    salam hipnotis 🙂

  2. 5

    martan said,

    mantap posisinya skarang…

  3. 7

    Arip said,

    Manstraaaaaaaab mas…


Comment RSS · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: